Port Vale memenangkan adu penalti yang menegangkan 6-5 untuk mengalahkan Swindon dan mengamankan tempat mereka di final play-off Sky Bet League Two.

Gol James Wilson pada menit kedelapan membuat skor imbang 2-2 secara agregat, sementara bos Valiants Darrell Clarke diusir keluar lapangan pada menit ketiga perpanjangan waktu setelah bertengkar dengan pemain Swindon Dion Conroy.

Kiper Aidan Stone adalah pahlawan tim tuan rumah dengan penyelamatan bagus dalam adu penalti di depan 11.669 penonton di Vale Park, memicu beberapa adegan yang tidak pantas di tengah invasi lapangan saat para pemain tamu masuk ke terowongan.

Harry McKirdy dan Ellis Iandolo berkobar sebagai pengunjung menderita sakit hati dengan tempat Wembley dalam genggaman mereka.

Clarke memutuskan untuk membuat tiga perubahan pada tim inti setelah kekalahan 2-1 mereka di County Ground empat hari lalu.

Kian Harratt, Malvind Benning dan Jake Taylor diberi kesempatan untuk bersinar, sementara Aaron Martin, Harry Charsley dan Ryan Edmondson turun ke bangku cadangan.

Swindon, sementara itu, tetap tidak berubah karena manajer Ben Garner tetap percaya pada tim yang tampil mengesankan di leg pertama.

Wilson seharusnya mencetak gol setelah hanya empat menit, tapi dia menyia-nyiakan peluang bagus di tiang belakang.

David Worrall melakukan umpan silang yang indah tetapi Wilson yang biasanya dapat diandalkan entah bagaimana melewatkan bola dengan tujuan di tangannya.

Swindon bersikeras bahwa mereka seharusnya mendapat penalti beberapa saat kemudian ketika umpan silang Mandela Egbo tampaknya mengenai tangan bek Vale Benning, tetapi wasit Seb Stockbridge menepis protes tim tamu.

Wilson kemudian memastikan dia mencetak gol dengan gigitan kedua ceri. Harratt menyeberang rendah dari kiri dan Wilson tidak membuat kesalahan, tanpa tanda di tiang belakang.

Dan kapten Valiants Nathan Smith nyaris menggandakan keunggulan tuan rumah, tetapi tendangan melengkung dengan kaki kanannya yang manis menggetarkan sayap kanannya.

Bek Prancis Mathieu Baudry melepaskan tembakan dengan susah payah tepat setelah tanda satu jam, sementara pemain Welshman Jonny Williams melepaskan tembakan melebar dari tepi kotak.

Tendangan keras Wilson diblok di dalam kotak dan kemudian melambung di atas mistar saat dia menyia-nyiakan peluang bagus lainnya untuk mencetak gol.

Smith menyundul melebar dengan lima menit tersisa dan Wilson memiliki peluang untuk memenangkannya pada waktu tambahan, tetapi tendangan bebas kaki kirinya yang rendah dapat diselamatkan dengan baik oleh penjaga gawang Robins, Lewis Ward.

Tapi kemudian tim tuan rumah kehilangan manajer mereka setelah dia dipecat karena pertengkaran yang tidak perlu dengan Conroy oleh para pemain pengganti.