Kepahlawanan Nick Pope di Aston Villa memberi Burnley garis hidup yang vital untuk bertahan hidup dan mempertahankan masa depan Liga Premier mereka di tangan mereka sendiri.

Masterclass kiper memastikan Clarets meninggalkan Villa Park dengan satu poin dari hasil imbang 1-1 setelah berhenti dari John McGinn, Ollie Watkins, Danny Ings dan – brilian – Bertrand Traore.

Penalti Ashley Barnes – gol pertamanya selama 15 bulan – membuat Clarets memimpin sebelum Emi Buendia menyamakan kedudukan segera setelah turun minum.

Tapi seharusnya lebih baik bagi tim tamu dengan Tyrone Mings menggagalkan Wout Weghorst sebagai pemenang sebelum Matt Lowton dikeluarkan pada waktu tambahan.

Burnley tetap naik dari tiga terbawah dengan selisih gol menjelang final Liga Premier hari Minggu.

Mereka menjamu Newcastle sementara Leeds, tempat di bawahnya, bertandang ke Brentford.

Ashley Barnes mengalahkan Tyrone Mings lebih awal sebelum Clarets benar-benar ditangkap oleh tendangan sudut cepat Villa tetapi diselamatkan ketika Pope membelokkan tendangan melengkung McGinn melebar.

Tetapi tim tamu berhasil berkumpul kembali untuk mengajukan pertanyaan tentang Villa dan Matty Cash membelokkan tendangan Dwight McNeil yang mengarah ke gawang.

Burnley, bagaimanapun, berjuang untuk menjaga bola yang membuat mereka bergantung pada bola yang lebih penuh harapan ke Barnes, yang tidak dapat terhubung secara efisien dengan Maxwel Cornet.

Pertandingan menjadi kacau tetapi Burnley masih membutuhkan Pope dalam performa terbaiknya setelah 31 menit.

Kevin Long gagal membersihkan umpan Jacob Ramsey dengan bola memantul ke McGinn untuk gelandang itu untuk melepaskan setengah tendangan voli dari jarak 20 yard, hanya untuk sekali lagi digagalkan oleh Pope yang meregang.

Burnley telah menunjukkan banyak pertarungan, bahkan jika mereka satu dimensi, dan mereka unggul satu menit sebelum jeda dari titik penalti.

McNeil melakukan tendangan bebas, dengan Buendia gagal dengan mendorong James Tarkowski, dan dia berlari keluar untuk menemui Cornet.

Saat pemain internasional Pantai Gading itu tampak ingin melewatinya, Buendia dengan ceroboh mengayunkan kakinya untuk membuatnya terkapar dan Barnes melangkah untuk mengirim Emi Martinez ke arah yang salah untuk gol pertamanya sejak Februari 2021.

Itu memberi Clarets keunggulan di babak pertama tetapi yang hanya bisa mereka tahan selama tiga menit setelah turun minum.

Ada penebusan cepat untuk Buendia ketika McGinn melihat larinya dari dalam dan, dengan Burnley gagal melacak pemain internasional Argentina itu, dia menemui bola dengan tendangan voli untuk menggeliat melewati Pope.